Galeri Foto

Selasa, 21 April 2015

FESTIVAL DAN BAZAR DURIAN NGROPOH 2015


Selasa 21 April 2015, untuk kedua kalinya Festival dan Bazar Durian Ngropoh diadakan. Bagi warga Temanggung tentu sudah tidak asing lagi dengan durian lokal asli Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan Temanggung. Durian Ngropoh mempunyai kelebihan dan ciri khas tersendiri, daging buahnya tebal dan pulen dengan rasa manis sedikit pahit serta aroma yang harum. 
Tujuan diselenggarakan festival ini adalah untuk memperkenalkan dan menaikkan pamor durian lokal asal Ngropoh tersebut kepada khalayak ramai.

Ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa festival tahun ini  mengalami penurunan, baik dari antusias peserta, kuantitas maupun kualitas durian juga menurun, hal ini disebabkan karena tahun ini terlalu banyak hujan, yang mempengaruhi produktifitas durian. Waluyo ketua panitia tersebut menambahkan bahwa jumlah peserta tahun ini hanya 40 orang, padahal tahun sebelumnya 2014 mencapai 70 orang. " Tahun ini durian yang yang benar-benar menjadi buah hanya 30% sedangkan 70% nya rontok diterpa hujan ".
" Kalau produksi sedang bagus, satu buah durian bisa mencapai bobot lima hingga tujuh kilogram. Selain dikonsumsi langsung, warga sini juga memanfaatkan durian sebagai bahan baku membuat berbagai macam makanan, seperti dodol, bolu, dan aneka makanan lainnya "
 
Meskipun secara umum beberapa faktor menyebabkan produksi dan kualitas durian menurun, ternyata tidak semuanya begitu, terbukti beberapa durian yang diikutkan lomba masih dapat membuktikan untuk menjadi pemenang. Karena ketekunan para pemilik dalam merawat tanamannya, durian-durian juara tersebut memang layak diunggulkan.
Ditanya tentang kriteria lomba dalam festival itu salah satu juri dari Distanbunhut Kabupaten Temanggung mengatakan bahwa, penilaian berdasarkan keunggulan dalam rasa, warna buah, ukuran, ketebalan buah, bentuk dan tekstur buah. Dalam lomba kali itu muncul tiga nama pemilik durian yang berhasil meraih juara, juara pertama atas nama Puji dari Dusun Miri, juara kedua Wisnu dari Dusun Miri juga, dan juara ketiga Kukuh dari Dusun Dukuh.
" Indukan pohon juara pertama akan kita kembangkan, karena sudah terbukti memiliki kualitas unggul " komentar Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi yang hadir dalam festival itu menyatakan dukungannya pada acara tersebut, dan menilai kegiatan semacam itu sangat potensial menjadi salah satu atraksi wisata unggulan Temanggung, selain dapat mengangkat kearifan lokal, wilayah Ngropoh dengan pemandangan alamnya yang indah dirasa dapat menjadi faktor pendukung utama.
Dikatakannya pula bahwa untuk mendukung kegiatan itu Pemkab Temanggung akan mengalokasikan anggaran khusus kepada Disbudparpora demi suksesnya Festival dan Bazar Durian Ngropoh pada tahun mendatang.
" Festival ini harus lebih membumi dan dipromosikan secara meluas kepada khalayak, namun di lokasi juga harus ditambah sarana dan prasarana yang representatif  " Wabub Irawan Prasetyadi menutup komentarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar