Galeri Foto

Kamis, 21 Mei 2015

SITUS LIYANGAN LEBIH TUA DARI BOROBUDUR



Sebuah perkembangan baru tentang situs Liyangan, baru-baru ini (Rabu, 20/05/2015) Tim Peneliti dari Badan Arkeologi Jogjakarta mengeluarkan pernyataan, bahwa situs Liyangan yang berada di desa Purbasari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung adalah temuan pemukiman kuno yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Bahkan, menurut Sugeng Riyanto ketua Tim Peneliti, usia situs ini lebih tua dibanding Candi Borobudur Magelang.

Dikatakannya pula bahwa situs Liyangan sangat istimewa dan tergolong kompleks, karena bukan saja sebuah pemukiman kuno, namun lengkap dengan infrastruktur kuno yang sudah dibuat dengan teknologi maju, seperti jaringan jalan, irigasi, dan bangunan tempat pemujaan dan peribadatan seperti candi yang menjadi karakter khas bangunan pada masa itu.    “ Oleh sebab itu, penelitiannya membutuhkan waktu cukup lama dan harus hati-hati. Bisa dilakukan secara cepat namun bukan berarti instan “ kata Sugeng Riyanto
Pernyataan bahwa usia situs Liyangan lebih tua dari Borobudur diperkuat dengan temuan berbagai angka yang menunjukkan tahun, yaitu keberadaan angka 587 M, 742 M, 846 M, 913 M dan 971 M. Sementara Borobudur ditemukan pada abad ke 8 M, “ Jadi masih kalah tua dengan apa yang kita temukan di Lyangan, tapi saya yakin , masih akan ada lagi temuan yang jauh lebih tua di situs ini “ lanjutnya.
Liyangan diprediksi pada zaman dulu dihuni dalam durasi waktu lima abad. Berbagai dinamika masyarakat yang terjadi pada masa itu ditandai dengan berbagai bentuk struktur bangunan yang beragam, menandakan pernah terjadi beberapa kali pembangunan dan renovasi seiring perkembangan budaya masa itu.
Musnahnya pemukiman Liyangan diperkirakan pada abad 10 saat terjadi erupsi gunung Sindoro yang mengubur perkampungan kuno itu sekitar 12 hektar di bawah material vulkanik. Dan saat ini luas area lahan penelitian situs baru mencapai 3 hektar, jadi ke depan akan bisa bekembang lagi temuan-temuan baru dalam area yang lebih luas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar